Jumat, 29 Juni 2012

Memelihara Ikan Hias di Akuarium


Untuk menentukan ikan yang akan dipelihara dalam akuarium ternyata bukan hal mudah, terutama bagi akuaris pemula yang belum mengenal sifat-sifat ikan. Terkadang, karena tertarik akan warna dan bentuk ikan, kemudian dibeli dan dimasukkan dalam akuarium. Esok harinya, kejadian yang tidak terbayangkan terpampang di depan mata. Satu atau beberapa ikan mati dengan tubuh terkoyak. Apa yang terjadi?

Ikan akuarium air tawar dapat digolongkan berdasarkan jenis makanannya, yaitu ikan herbivora, ikan karnivora, dan ikan omnivora. Ikan karnivora adalah jenis ikan pemakan dagigng pada habitat asalnya. Sedangkan ikan omnivora adalah jenis ikan pemakan tumbuhan dan daging.

Sebelum anda pergi membeli ikan, sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips memilih ikan berikut ini :

1. Pastikan anda datang ke toko yang tepat, yang menyediakan ikan berkualitas baik. Syukur kalau pemiliknya mau diajak berkonsultasi mengenai jenis-jenis ikan.

2. Perhatikan baik-baik ikan yang anda beli. Ikan yang sehar berenang secara aktif, meski ada juga beberapa jenis ikan yang sedikit malas berenang.

3 Jangan pernah berprinsip semakin banyak jumlah dan beragam jenis ikan dalam satu akuarium pasti akan lebih baik.

4. Jika anda ingin memiliki akuarium komunitas dengan banyak ikan dari jenis yang sama, pilihlah jenis ikan livebearer, antara lain tetra, barb, rasbora, danio, dan rainbow fish.

5. Jika anda ingin menggabungkan ikan dari jenis yang berbeda, pilihlah ikan yang tenang seperti ikan koi, lobster, dan jenis ikan dasar. Ikan koi cenderung berada di permukaan, sedangkan ikan dasar bergerak di dasar akuarium

6. Jika anda memilih ikan agresif, sebaiknya jumlahnya tidak terlalu banyak dan perhatikan perbandingan jantan betina.

Misalnya, untuk ikan betta (cupang), dalam akuarium 10 galon hanya boleh diisi 1 ekor pejantan dengan 2-3 ekor betina, tidak lebih

Setelah anda memahami tips ini, segeralah ke toko ikan. Pilih ikan kesukaan anda dan jadikan akuarium anda lebih ceria.

Tidak ada komentar: