Kamis, 28 Juni 2012

Tanaman Hias Berkhasiat Obat

Indonesia merupakan negara tropis dengan kelembapan udara tinggi sehingga memungkinkan tumbuhnya berbagai jenis tanaman. Bahkan, indonesia dinyatakan sebagai negara dengan keanekaragaman hayati nomor dua paling lengkap di dunia setelah Brazil. Dari sekian juta tanaman yang dapat tumbuh di Indonesia, banyak di antaranya yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias di halaman rumah, halaman perkantoran, taman rekreasi, bahkan penghias jalan. Tanaman tersebut dianggap sebagai tanaman hias karena memiliki keindahan pada bunga, daun, maupun, keseluruhan bagian tanaman.

Beberapa jenis tanaman hias memiliki fungsi ganda, yaitu selain sebagai tanaman hias, juga sebagai bahan obat untuk beberapa penyakit yang lazim di temukan di masyarakat.  Manfaat  dari masing-masing tanaman hias tersebut tidak sama karena kandungan di dalamnya juga berbeda. Dengan kandungan yang berbeda tersebut maka dibuat ramuan obat yang berasal dari satu tanaman atau dari beberapa tanaman.

Contoh tanaman hias yang digunakan sebagai obat.

1. Bunga matahari

Bunga matahari merupakan tanaman perdu satu musim yang tumbuh tegak dengan ketinggian mencapai 2,5 m.Berbatang basah dengan bentuk bulat dan ditumbuhi bulu kasar. Berdaun tunggal dengan bentuk bulat telur dan permukaan kasar. Bunga berbentuk cawan, tumbuh di ujung batang dengan mahkota seperti pipa. warna bunganya kuning dan bagian tengahnya terdapat bunga-bunga kecil yang menyerupai tabung dengan warna kecoklatan. Tanaman ini banyak terdapat di daerah yang cukup mendapat sinar matahari. Bunga matahari dapat diperbanyak melalui biji.

2. Lidah Buaya

Daunnya tebal mirip lidah dengan bagian tepi bergerigi tajam sehingga tanaman ini dikenal dengan sebutan lidah buaya. Nama lain lidah buaya antara lain hat-baya, letah buaya, dan jadam. Kandungan lidah buaya mengandung zat barbaloin, isobarbaloin, berabarbaloin, dan damar. Berkhasiat untuk mengobari batuk, penyubur rambut, ambeien, kencing manis, dan nyeri sendi.

2 komentar:

andri kumbie mengatakan...

Bisalah gabung warungtanaman.blogspot.com

andri kumbie mengatakan...

www.warungtanaman.com