Minggu, 03 Juni 2012

Yuk.. Berkunjung ke PERPUSTAKAAN PERBANKAN..


Minggu lalu kita telah berkunjung ke Perpustakaan Kesehatan bukan? Nah, minggu ini saya mengajak teman – teman berkunjung ke Perpustakaan Perbankan.
Ada yang senang dengan bidang satu ini?yak, Jangan khawatir kita juga bisa terjun ke dalamnya tanpa melenceng dari ilmu perpustakaan. 

BANK INDONESIA
Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral merupakan lembaga yang sangat vital dalam kehidupan perekonomian nasional karena kebijakan-kebijakan yang ditempuh oleh BI akan memiliki dampak yang langsung dirasakan oleh masyarakat. BI, yang didirikan pada tanggal 1 Juli 1953, telah lebih dari setengah abad melayani kepentingan bangsa. lembaga ini mulai melaksanakan tugas dan wewenangnya berdasarkan UU No. 23/1999 tentang Bank Indonesia, dinyatakan berlaku pada tanggal 17 Mei 1999 dan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 6/ 2009. Undang-undang ini memberikan status dan kedudukan sebagai suatu lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan Pemerintah dan/atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang ini.

Bank Indonesia mempunyai otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalam undang-undang tersebut. Pihak luar tidak dibenarkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia, dan Bank Indonesia juga berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan intervensi dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga.

Misi 
Mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah melalui pemeliharaan kestabilan moneter dan pengembangan stabilitas sistem keuangan untuk pembangunan nasional jangka panjang yang berkesinambungan. 
Visi
Menjadi lembaga bank sentral yang dapat dipercaya (kredibel) secara nasional maupun internasional melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki serta pencapaian inflasi yang rendah dan stabil. 

Yuk kita intip satu ini http://www.bi.go.id/web/id/tentang+BI/Perpustakaan/.
Perbankan tidak hanya berkutat didunia Bank dengan layanan ATMnya, namun juga hadir dengan Pusat ilmu yang memberikan layanan publik yang dikhususkan pada bidang moneter, sistem pembayaran, dan seluruh ilmu – ilmu perbankan.

Web tersebut memberikan banyak informasi tentang Bank Indonesia, mulai dari profil BI, tentang moneter, keuangan Indonesia, inflasi, 
sistem pembayaran, hingga statistik keuangan Indonesia. Walapun tak semuanya selalu di up-date namun setidaknya dari web site tersebut 
kita bisa tau fungsi bank Indonesia, kegiatan dan berita terbaru, 
dan juga lamaran kerja dapat melalui web sites tersebut dengan mengirimkan email yang telah tersedia. 

Perpustakaan ini beralamatkan di  Jl. MH. Thamrin No.2 Jakarta 10350,  Menara Sjafruddin Prawiranegara, Lantai 2. E-mail : pusriset@bi.go.id ; Telp. 021 - 3818216 / 8245
Perpustakaan Bank Indonesia ditujukan untuk memenuhi kebutuhan Anda akan referensi bahan pustaka. Dengan koleksi inti mencakup bidang tugas Bank Indonesia yaitu bidang Moneter, Perbankan, dan Sistem Pembayaran. Tanpa melupakan kebutuhan Anda akan materi lainnya seperti agama, psikologi, kesehatan, fiksi, dan lain-lain.

Koleksi Perpustakaan Bank Indonesia saat ini terdiri atas + 45.000 judul Buku,  + 400 judul publikasi Periodikal dan 2 jurnal on-line (JSTOR, ProQuest, Emerald dan SpringerLink), serta koleksi digital +2500. CD/VCD. Koleksi Periodikal mencakup publikasi Bank Indonesia, lembaga pemerintah dan lembaga keuangan internasional. 
Perpustakaan Bank Indonesia memiliki kliping berita yang terkait dengan bidang tugas Bank Indonesia dari sejumlah berita harian. selain kegiatan - kegiatan terbaru di web ini juga diinfomasikan laporan - laporan ekonomi dan keuangan serta beberapa pendidikan tentang perbankan.
Dan fasilitas yang ada antara lain penelusuran koleksi On-line Public Access Catalogue (OPAC), ruang baca yang nyaman dan fotokopi dalam jumlah terbatas. 

MUSEUM BANK INDONESIA
Selain perpustakaan, BI juga menggagas sebuah museum bank yang didasari oleh adanya opini masyarakat yang kurang baik dan juga untuk memanfaatkan gedung BI Kota yang dulu dibangun dan digunakan oleh De Javasche Bank (DJB), dan sekarang kosong tidak digunakan lagi, merupakan gedung yang mempunyai nilai sejarah tinggi yang terancam kerusakan apabila tidak dimanfaatkan dan dilestarikan. Pemerintah telah menetapkan bangunan tersebut sebagai bangunan cagar budaya. Selain itu, BI juga memiliki benda-benda dan dokumen-dokumen bersejarah yang perlu dirawat dan diolah untuk dapat memberikan informasi yang sangat berguna bagi masyarakat.
sehingga, dibangunlah Mueseum Bank Indonesia tersebut untuk memberikan banyak pengetahuan kepada masyarakat mengenai Bank Indonesia dan Peranannya bagi perekonomian Indonesia.
di museum ini banyak benda menyangkut ekonomi dipamerkan, seperti uang baik logam maupun kertas mulai dari periode kerajaan, belanda, sebelum RIS sampai RI kesatuan, kemudian film dokumenter seperti Pengerahan Dana Masyarakat 1953-1959, Penyelenggaraan Kliring Hingga 1959, Pengedaran Uang 1953-1959, dll.
ada pula benda - benda bersejarah seperti mesin tik, ruang brangkas, lemari brangkas, mesin hitung, dll. juga gedung - gedung bank Indonesia diberbagai kotaq di Indonesia.
BI Yogyakarta
BI Makasar

BI Makasar

BI Solo
BI Surabaya






Tidak ada komentar: