Kamis, 10 Mei 2012

CURI ILMU dari PRIA



Yuk, curi ilmu dari pria !!Banyak cara menjadikan diri makin sempurna di tempat kerja.Kali ini bukan dari buku, seminar, atau pelatihan, cukup dari mengamati rekan kerja pria kita saja . Jika memang mau jujur pria memang punya banyak kelebihan di dunia kerja, yang belum tentu kita miliki sebagai seorang cewek.tapi, bukan tak mungkin kita mampu melakukan juga.Bahkan, bisa lebih baik, karena telah dikombinasikan dengan kelebihan wanita, yang sebaliknya belum tentu dimiliki pria.Hal-hal yang di miliki pria itu antara lain:
BERPIKIR LOGIS
Pria terkenal mampu berpikir logis . Kekurangannya yang tak bisa melakukan tugas multitasking ternyata justru memberikan keuntungan dalam sikap kerja, antara lain lebih fokus pada satu masalah dalam satu waktu.
BERPIKIR GLOBAL
Pria hampir selalu berpikir dengan gambaran luas (helicopter view). Ditambah lagi,gamabaran luas itu dilengkapi dengan sikap visioner.Sedangkan wanita,saat melihat satu masalah, labih sering langsung menfokuskan pandangan ke semua detail.
TIP=Awali melihat masalah secara luas, baru memikirkan detailnya.
BERPIKIR STRATEGIS
Pria hampir selalu melengkapi semua perencanaan dengan langkah-langkah untuk mencapainya.Wanita memikirkan sebuah perencanaan dengan detailnya, tetapi seringkali tidak melengkapinya dengan rencana eksekusi tang logis.
TIP=Lengkapi semua perencanaan dengan langkah-langkah strategis yang mudah dilaksanakan.
AMBISIUS
Jika sebagian wanita menganggap ambisius adalah sikap negatif, tidak demikian bagi pria. Hal itu didukung fakta bahwa sejak dulu peran pria sebagai bread winner.Sedangkan pengaruh budaya mengkondisikan situasi bahwa jika wanita ambisius kelihatan buruk.
TIP=Kalau tujuan dan cara jelas, tak masalah menjadi ambisius. Tetapkan goal, dan tentukan cara mencapainya.
LEBIH FOKUS
Pria mampu fokus pada satu masalah dengan jernih, sehingga masalah cenderung lebih ringan dan selesai lebih cepat. Sedangkan wanita memikirkan banyak haldalam satu waktu, sehingga tampak rumit dan tidak fokuske satu titik.
TIP=Ubah cara kerja dengan memilah-milah masalah.Folus pada satu hal dan fikirkan detailsatu per satu.
BERANI BERKATA:BISA
Jika pria diberi posisi atau tanggung jawab lebih besar daripada biasanya, mereka akan menerima seolah mereka layak mendapatkannya. Sadangkan wanita lebih sering meragukan kemampuannya, dengan menolak atau menundanya. Padahal bisa jadi sudah waktunya ia menerima posisi tersebut.
TIP=Jika menenrima tantangan karier, sambut dengan antusias. Itulah saatnya kita menunjukkan kemampuan.
EMOSI TERJAGA
Sudah menjadi rahasia umum, jika wanita disebut-sebut sebagai orang yang lebih emosional dibandingkan pria. Di dunia kerja, sikap ini kurang menguntungkan
TIDAK MASUK KE HATI
Pria lebih kuat saat menerima masukan, baik berbentuk pujian maupun kritik. Pujian tidak membuai pria secara berlebihan. Sebaliknya, kritikan pun tidak dianggap serangan pribadi. Semua itu menjadi pelajaran untuk kemajuan karier.
TIP=Berusahalah tidak emosional menerima pujian dan kritik, kita tak akan maju dari kesalahan. Ubah mindset ke pemikiran tersebut, maka tindakan akan mengikutinya.
DISKUSI BERDASARKAN RISET
Saat berdiskusi, pria jarang dikendalikan emosi. Semua bahan diskusi didasari data. Di satu sisi, wanita bisa tampil meyakinkan dalam diskusi karena mengikutsertakan sisi emosional, misalnya fakta yang ia milki digabung dengan pengalaman.
TIP=lengkapi “bekal” diskusi dengan data-data.
AMBIL KEPUTUSAN DENGAN CEPAT
Pria senang melihat fakta dalam data dan grafik. Dengan demikian pria lebih cepat mengambil keputusan. Wanita sering menimbang lebih lama saat harus mengambil keputusan, karena terlalu banyak yang diperhitungkan.
TIP=Kumpulkan data sebelum mengambil keputusan. Berlatihlah untuk mengambil keputusan cepat berdasarkan data yang ada.
EKSPRESI TERKONTROL
Pria kelihatan lebih mampu mengendalikan emosi dalam mengatasi masalah. Wanita sebaliknya.
TIP=Kontrol emosi saat menghadapi masalah. Fokus pada masalah saat itu saja. Hindari mengungkit masalah yang sudah lewat untuk menghindari emosi berlebihan.
TIDAK LARUT DALAM HUBUNGAN PRIBADI
Pria lebih mampu menjaga jarak dengan rekan-rekan kerja, sehingga ia tetap bisa bersikap profesional. Sedangkan wanita sering hanyut dalam curhat di tempat kerja. Bahkan, kita sering kali terpancing untuk melakukan hal yang sama, sehingga terjalin hubungan pribadi (yang lebih dekat) dengan beberapa orang.Hal ini kerap menyulitkan, saat harus tegas mengambil keputusan yang berhubungan dengan orang-orang tersebut.
TIP=Tetap akrab dengan rekan kerja, tetapi tetap membuat batas, agar tidak melibatkan hubungan emosional dengan beberapa orang tertentu.
Inilah yang bisa kita curi dari sebagian pria yang punya kharisma dan dedikasi tinggi di dunia kerja. Walaupun tidak semua pria dan wanita sama dengan apa yang digambarkan di atas.Semoga bermanfaat yaa ^^



Tidak ada komentar: