Jumat, 11 Mei 2012

Library of Congress, Perpustakaan Terbesar di Dunia


Library of Congress merupakan perpustakaan terbesar di Dunia yang berada di Washington DC, Amerika Serikat. Perpustakaan ini menempati 3 buah gedung di Washington, D.C., Library of Congress juga digunakan sebagai tempat pembuatan film National Treasure 2.

Perpustakaan  ini telah didirikan sejak 24 April tahun 1800. Awal didirikan  karena  Presiden John Adams menandatangani akta Kongres yang memindahkan ibu kota AS dari Philadelphia ke ibu kota yang baru di Washington. Di dalam akta tersebut tertulis tentang uang sejumlah AS$5.000 yang disediakan "untuk membeli buku-buku yang mungkin dibutuhkan oleh Kongres dan mengatur tempat yang sesuai untuk menyimpannya...." Sehinga dibangunlah Library of Congres untuk menyimpan buku-buku tersebut.

Perpustakaan ini dikelola oleh 3.783 orang pegawai. Jumlah koleksi buku Library of Congress ini mencapai 32 juta buku. Perpustakaan ini terbesar di dunia dari segi luas rak buku dan total koleksi buku. Katalog perpustakaan ini mendaftar lebih dari 32 juta judul bahan pustaka yang ditulis dalam 470 bahasa.

Selain itu, Library of Congress juga menyimpan koleksi 61 juta manuskrip, dan koleksi buku langka terbesar di Amerika Utara, termasuk naskah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan Kitab Gutenberg. Lebih dari satu juta judul terbitan pemerintah Amerika Serikat, satu juta terbitan surat kabar dari seluruh dunia selama tiga abad terakhir ada di perpustakaan ini. Belum lagi sebanyak 33.000 volume surat kabar yang dijilid, 500.000 gulung mikrofilm, dan lebih dari 6.000 judul buku komik. Perpustakaan ini memiliki koleksi literatur hukum terbesar di dunia.


Selain mengoleksi buku, Library of Congress juga mengoleksi 4,8 juta judul peta, lembar musik, 2,7 juta judul rekaman suara, lebih dari 13,7 juta lembar foto, dan biola Betts Stradivarius dan Cassavetti Stradivarius.

Perpustakaan ini menawarkan paket tur wisata yang dapat diakses dari bangunan bersejarah Thomas Jefferson. Selama tur, Anda akan belajar tentang seni simbolis dan arsitektur bangunan serta melihat kebesaran utama ruang baca. Pemandu wisata profesional yang terlatih akan menceritakan kisah perpustakaan tertua Amerika ini mulai dari sejarah, koleksi (termasuk Alkitab Gutenberg), dan layanan yang diberikan kepada Kongres dan bangsa.

Untuk tur pribadi dan keluarga jadwal tur dimulai dari hari Senin-Sabtu pada pukul 10.30, 11.30, 13.30, 14.30, dan 15.30 waktu setempat. Pemesanan untuk wisata dapat dilakukan dengan menghubungi perwakilan Kongres di situs www.house.gov atau www.senate.gov. (berbagai sumber)

Tidak ada komentar: