Jumat, 25 Mei 2012

Ternyata “Terung Belanda” Mempunyai Khasiat Lho…



Apakah terung belanda itu? Kalau belum tau mari simak yak…
Terung Belanda yang memiliki nama latin Cyphomandra betaceae adalah buah yang berbentuk bulat telur yang menyerupai markisa yang berwarna ungu kemerahan. Memiliki tekstur lembut dengan rasa cenderung manis asam

Sekarang cukup banyak toko yang menjual jus terung belamda dalam botol. Bukan hanya sebagai oleh-oleh khas dari Medan, tapi juga dari berbagai kota di Indonesia maupun di luar negeri. Masyarakat internasional mengenal terung belanda Solanum betaceum dengan nama tamarillo. Ia berasal dari negeri-negeri di Pegunungan Andes, khususnya Peru, Bolivia, Chile, Kolumbia, dan Ekuador.

Namun, jangan salah, penghasil tamarillo termasyhur di dunia adalah Selandia Baru. Dari setiap 200 hektar, dapat di ekspor 2.000 ton buah yang dipanggil "tomat pohon" itu setiap tahun ke Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negarara di Eropa. Terung belanda dapat tumbuh sampai 5meter dan berumur 12 tahun. Ia mulai berubah pada umur 4 tahun dengan musim panen paling besar berlangsung antara Juli hingga November.

Syukurlah, Indonesia terutama berkat dataran tinggi di Sumatera dan Sulawesi, termasuk potensial penghasil terung yang kaya unsur provitamin A dan sangat baik untuk kesehatan mata, magnesium, dan besi untuk ketahanan tubuh. Terung belanda yang disebut juga Cyphomandra betaceae sangat bagus tumbuh di ketinggian 500-1.000 meter di atas permukaan laut. Jenis itulah yang paling diyakini dapat mencegah kerusakan sel-sel akibat serangan tumor dan kanker, berkat kandungan antioksidan yang tinggi.


Sejak kapan manusia mengonsumsi terung? Yang percaya bahwa terung adalah tanaman asli India meyakini bahwa bangsa India sudah membudidayakan terung sejak 1.500 tahun sebelum Masehi. Penelitian arkeologi menemukan bahwa manusia sudah membudidayakan terung sejak zaman Mesir kuno-3.000 tahun sebelum Masehi. Sekarang bagaimana budidaya terung di tanah air? Indonesia termasuk negara swasembada terung meskipun belum optimal sebagai negara eksportir terung.

Filipina dan Malaysia lebih menjol sebagai pemasok terung untuk kawasan Asean. Namun, konsumen terung kita boleh dipastikan selalu naik. Kota-kota penyuka terung, terutama Palembang, Padang, dan Semarang, mengalami berulang-ulang kenaikan harga terung, lebih tinggi dari pada kota lainnya. Sulitkah membudidaya terung? Untuk berkebun terung, kia tidak memerlukan lahan yang teramat luas.

Tanaman terung relatif kecil, dengan ketinggian 60-90 cm, dengan daun lebar berbentuk telinga bisa ditanam jarak dekat. Kebun terung sangat disukai kupu-kupu, dapat tanaman sebagai tumpang sari di bawah jabon maupun jati. Tekokak, leunca, terung gelatik, dan terung kopek dapat ditanam di dalam pot.


Di antara bangsa penggemar terung adalah Jepang, Perancis, Spanyol, dan Italia. Orang-orang Turki memasak terung untuk musaka. Padahal bagi mereka tidak mudah mendapat terung kecil dihargai seribu rupiah. Padahal rendang terung dan sambal goreng terung semestinya dapat dihargai tinggi, karena cukup bergizi.

Tidak ada komentar: