Rabu, 23 Mei 2012

Satu Pohon Berjuta Penghidupan


  Apa yang teman - teman lakukan jika berada diluar rumah sedangkan udara terasa panas dan matahari terik berada di atas kepala. kita pasti mencari tempat berteduh yang nyaman bukan? pernahkah kalian berfikir untuk berteduh dibawah pohon? pastinya pernah. namun, kebanyakan pasti menjawab jika disekitar memang ada pepohonan, jika tidak kemana kalian akan berteduh?
     Coba kita bayangkan jalanan dengan kanan - kiri dipenuhi dengan pepohonan besar, taman yang penuh dengan pohon rindang, pastinya kita tidak perlu repot mencari tempat untuk berteduh. Mungkin itulah yang diinginkan oleh banyak orang. Namun  kenyataannya, yang ada hanya gedung - gedung bertingkat, jalan raya yang penuh dengan kendaraan bermotor, udara yang penuh dengan polusi dan matahari yang semakin membuat keadaan memanas bukan?

Mengetahui hal itu, saat ini telah banyak kegiatan - kegiatan untuk program penghijauan yang dapat kita ikuti. kegiatan sosial ini memberikan kita pengetahuan tentang lingkungan dan juga memberikan kontribusi kepada alam. Setidaknya dari tangan - tangan para relawan ini, pepohonan disekitar kita bisa terus dilestarikan. Salah satunya yakni Pohon.


Tahukah teman - teman, pohon sangatlah penting bagi kelangsungan hidup kita. jangan pernah remehkan sebatang pohon, karena manfaatnya begitu terasa bagi kehidupan manusia. misalnya :

  1. Manfaat keindahan : Pohon memiliki beberapa bentuk yang khas, sehingga menciptakan keindahan tersendiri. Oleh karena itu, apabila di susun secara berkelompok dengan jenis yang sama pada masing-masing kelompok dapat menciptakan keindahan atau suasana yang nyaman. Struktur bangunan tanpa di imbangi dengan pohon, akan terasa gersang, sebaliknya apa bila di sekitarnya di tanami pohon serta di tata dengan baik akan nampak hijau dan asri.
  2. Manfaat Orologis : Akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat, sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah.
  3. Manfaat Hidrologis : Dalam hal ini tanaman umumnya akan menyerap air hujan. yang nantinya akan disimpan dan menjadi persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya. jika tidak ada pohon, maka penyerapan air hujan pun tidak akan terjadi. jika hal itu terus diabaikan, maka akan terjadi banjir, lonsor tanah dan bencana lainnya.
  4. Manfaat Klimatologis : Dengan banyaknya pohon, akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman. bandingkan saja suhu udara diperkotaan dan di pegunungan. pastinya sangat berbeda bukan?
  5. Manfaat Edaphis : Ini manfaat dalam kaitan tempat hidup binatang. Dilingkungan yang penuh dengan pohon, satwa akan hidup dengan tenang karena lingkungan demikian memang sangat mendukung. Teman - teman pasti penah dengar binatang yang turun dari gunung, atau binatang buas yang masuk ke pemukiman desa bukan?kemungkinan itu juga karena lingkungan mereka yang sudah mulai habis karena ulah manusia.
  6. Manfaat Ekologis : Lingkungan yang baik adalah seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Kelompok pohon atau tanaman, air, dan binatang adalah bagian dari alam yang dapat memberikan keseimbangan lingkungan.
  7. Manfaat Protektif : manfaat ini dikarenakan pohon dapat memberikan perlindungan, misalnya terhadap terik sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara. Disamping juga melindungi mata dari silau seperti yang kita bahas tadi.^^
  8. Manfaat Hygienis : Adalah sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat di perlukan oleh manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia.
  9. Manfaat Edukatif : Berbagai jenis pohon yang ditanam merupakan laboratorium alam, karena dapat di manfaatkan sebagai tempat belajar mengenal tanaman dari berbagai aspek.

     Nah, sudah tau banyak tentang manfaat pohon bukan. kita yang menanam kita pula yang menuainya. jadi untuk kebaikan hidup kita dan anak cucu kita. kenapa tidak melakukannya mulai sekarang.

MENANAM POHON DENGAN NGE-TWEET BERSAMA PERTAMINA

   Artikel tersebut aku baca disebuah koran minggu lalu. ini merupakan sebuah program CSR (Corporate Social Responsibility) yang bertajuk “Kartini Sobat Bumi”. Melalui program ini kita dapat mengkonversi setiap dua tweet menjadi satu bibit pohon untuk ditanam dan dirawat oleh Pertamina.
Program ini sebenarnya telah diluncurkan menjelang peringatan Hari Kartini, April silam. Namun lantaran saya jarang ngetweet, jadinya baru mengetahui belakangan.
Melalui program Kartini Sobat Bumi ini tampaknya Pertamina mencoba mengajak masyarakat Indonesia untuk berkontribusi dalam perbaikan bumi. Dengan memanfaatkan twitter, salah satu jejaring sosial yang sangat banyak digunakan di Indonesia, setiap orang bisa turut serta dengan membuat status (tweet) berkaitan dengan penanaman pohon, ajakan aksi penghijauan, atau inspirasi untuk melestarikan bumi. Jumlah tweet kemudian dikonversi menjadi bibit pohon yang ditanam dan dirawat oleh Pertamina.
Secara lengkap persyaratannya adalah sebagai berikut:
  1. Buatlah tweet dengan hashtag #sobatbumi berkaitan dengan penanaman pohon, ajakan aksi penghijauan, atau inspirasi untuk melestarikan bumi. Contoh: “alam yang kita nikmati saat ini bukan milik kita tetapi titipan anak cucu kita, mari kita jaga dan lestarikan #sobatbumi.
  2. Setiap 2 tweet (tidak termasuk re-tweet) dengan hashtag #sobatbumi akan dikonversi menjadi satu bibit pohon untuk ditanam dan dirawat oleh Pertamina di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.
  3. Setiap orang dapat memberikan tweet sebanyak-banyaknya
  4. Tweet tidak boleh mengandung unsur SARA.
  5. Bibit pohon yang dikonversi dari tweets akan ditanam dalam periode waktu 1 (satu) tahun.
  6. Laporan penanaman bibit pohon akan disampaikan pada akhir tahun 2012 melalui www.kartinisobatbumi.com dan www.pertamina.com
  7. Jumlah tweet dan pohon yang ditanam dapat dilihat di www.kartinisobatbumi.com dengan terlebih dahulu login (tombol login di pojok kanan atas) menggunakan akun twitter. Di sini selain memantau jumlah pohon yang telah dimiliki juga dapat mengetahui di mana lokasi penanaman pohon tersebut.
   Meskipun program CSR (Corporate Social Responsibility) sudah menjadi kewajiban sebuah perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan, tampaknya seru juga ketika para pengguna twitter dilibatkan. Dengan syarat tweet berisi ajakan aksi penghijauan atau inspirasi untuk melestarikan bumi tentunya menjadi sebuah penumbuhkembangan kepedulian lingkungan terutama bagi pemilik akun twitter.

Daripada akun twitter kita monoton berisikan kicauan galau para galauerz, kenapa sesekali tidak kita selingi dengan tweet tentang lingkungan dan penghijauan?^^


Referensi: www.kartinisobatbumi.com




2 komentar:

libraryB mengatakan...

menyukai
go green!!!

Librarian Blog mengatakan...

makasi kawan...
salam lestari^^