Selasa, 15 Mei 2012

Membuat Perpustakaan yang Menyenangkan


           “Perpustakaan” pastinya setiap orang sudah mengetahui, dari anak kecil sampai orang tua. Entah mereka masih sekolah ataupun tidak. Perpustakaan pada dasarnya sebagi tempat sumber informasi, pendidikan, dan rekreasi. Namun ada yang berangapan perpustakaan sebagai tempat yang membosankan, yang hanya ada kumpulan buku-buku yang usang, tentunya orang pasti malas untuk sekedar datang berkunjung apalagi  untuk membaca.
           Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perpustakaan sepi pengunjung. Adapula yang berangapan engan untuk mengunjungi perpustakaan karena pustakawannya yang tidak ramah dan tidak mau membantu bahkan untuk senyum saja terasa sulit. Tentunya, citra perpustakaan sudah buruk dengan sikap pustakawanya yang tidak bersahabat dan tidak mau menolong. Ataupun media dan sarana teknologi yang disediakan masih kurang, sehingga tidak bisa membantu pemustaka untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap dari berbagai sumber. Perpustakaan yang sepi akan pengunjung tentunya seperti suatu kota yang sepi akan penduduk, seakan tidak ada kegiatan apapun.
Ada beberapa cara agar perpustakaan diminati oleh pengunjung
  • Menjadikan perpustakaan sebagai tempat nyaman dan aman.
Perpustakaan yang nyaman tentunya membuat pemustaka betah berlama-lama berada di perpustakaan. Nyaman tidak harus mahal dalam artian tidak harus direnovasi menjadi tempat  yang mewah dengan arsitektur yang megah. Cukup dengan penataan yang rapi, ruangan yang bersih, dan pencahayaan yang cukup. Selain itu disediakan ruang baca yang memadai dan  taman yang bisa digunakan sebagai tenpat santai bagi pemustaka. Tidak hanya nyaman, keamanan juga harus dijaga. Barang-barang yang telah ditipkan pengunjung harus dijaga keamanya sehingga pemustaka saat berada di perpustakaan tidak merasa cemas akan barang yang dititipkan kepada petugas.
  •  Selalu memperbarui koleksi yang ada di perpustakaan.
Perpustakaan sebagai sumber informasi harus selalu memperbarui koleksinya, agar tidak tertinggal dengan kemajuan pengetahuaan dan teknologi. Sehingga koleksi yang ada di perpustakaan dapat memberikan informasi yang akurat, tepat waktu dan bermanfaat bagi pemustaka.
  •  Pustakawan yang baik.
Pustakawaan merupakan sarana sumber informasi yang ada di perpustakaan, harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pemustaka. Pelayanan prima sanharus diterapkan oleh pustakawan karena untuk memberikan kepuasan kepada pemustaka. Pustakawan harus mampu memberikan pelayanan yang baik, senyum dan bersikap ramah, selai itu pustakawan harus mampu menyediakan informasi yang diinginkan oleh pemustaka. Hal ini dilakukan agar pengunjung pustakawan selalu meningkat dan menciptakan citra yang baik.
  • Media dan saran yang memadai.
Perpustakaan harus menyedian sarana lain dalam mencari sebuah informasi, seperti akses internet dan OPAC. Hal ini dilakukan untuk membantu pemustaka dalam mencari informasi kapan saja dan dimana saja tanpa terkendala waktu dan tempat. Selain itu agar sumber-sumber informasi yang diperoleh pemustaka dapat bertambah banyak dan berasal dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar: