Rabu, 09 Mei 2012

5 KHASIAT DELIMA MERAH (Pomegranate)



Tanaman delima yang punya nama ilmiah Punica granatum L. (bahasa inggris pomegranate) ini merupakan tanaman semak yang bisa mencapai tinggi 6 meter. Memiliki batang bercabang banyak serta berduri. Bunganya merah atau putih. Ada juga yang ungu kehitaman. Bunga-bunga ini muncul dari ketiak daun dan berkembang menjadi buah eksotis yang bergelantungan pada cabang-cabang pohon.
Bentuk buahnya seperti apel, dengan calyx atau mahkota yang menjadi ciri khasnya. Delima berbunga merah akan menghasilkan buah delima berdaging merah. Buah dari bunga putih, dagingnya putih; jika bunganya ungu maka daging buahnya pun akan berwarna ungu.Di dalam buah yang matang tersembunyi ratusan biji putih yang tertutup daging buah yang bening berwarna merah, putih atau ungu sesuai jenisnya. Daging buah inilah yang banyak mengandung air, yang rasanya manis-asam sampai manis-segar. Di Timur Tengah dan India biji buah delima ini sering ditaburkan di atas lauk sebagai garnis (dekorasi makanan) dan untuk pemanis.Pomegranate mempunyai banyak khasiat 5 diantara adalah:
MENGOBATI RADANG GUSI
Cuci tujuh kuntum bunga delima merah,lalu rebus dalam segelas air sampai mendidih. Setelah dingin saring dan gunakan untuk berkumur.

MENGOBATI LUKA
Campurkan serbuk kulit buah atau bunga delima merah secukupnya denagn minyak wijen.Aduk rata lalu oleskan pada bagian yang luka.

MENGOBATI SARIAWAN
Ambil 2 buah delima merah yang sudah masak. Ambil isinya, lalu tumbuk halus.Tambahkan 1 gelas air sambil diaduk rata, lalu saring. Gunakan airnya untuk kumur, lalu telan. Lakukan 2-3 kali sehari smpai sembuh.

MENGOBATI KEPUTIHAN
Rebus kulit delima merah kering (30 g) dan herba Sambiloto kering (15 g) dengan 1 Liter air.Biarkan sampai air rebusan tersisa separuhnya.Setelah dingin, saring dan bagi untuk pagi, siang, dan malam hari. Gunakan untuk mencuci daerah intim.

MENGOBATI BATUK BERKEPANJANGAN, SUARA SERAK,TENGGOROKAN KERING
Ambil satu buah delima merah yang belum terlalu masak. Setiap malam sebelum tidur, kunyah biji delima tersebut, tapi jangan ditelan.
Semoga bermanfaat
Sumber:Atlas pertumbuhan Obat Indonesia, Setiawan Dhalimartha, Puspa swara, 2003.


6 komentar:

perpustakaan mengatakan...

ada yang kurang..mengobati dilema(galau)hweheheheheh

Anonim mengatakan...

hhahahhahah mang bisa pow???
galau ubate ndungo

perpustakaan mengatakan...

kae lho tabah d tambani sek.. axixixixixi (:mrgreen:)

Anonim mengatakan...

hemmmmmmmmmmmmm
emang sakit apa???
semoga cepet sembuh

topek mengatakan...

artikel yang bagus.... kunjung balik ya? www.topek.web.id :D

Anonim mengatakan...

uwes nuggg mas mbien kae hahhahahah salahe tak kon garap ne tugas q wegah